Penerbitan Buku Antologi Puisi ”DARI SRAGEN MEMANDANG INDONESIA”

Berita Sastra Puisi Undangan dari Kawan

Penerbitan Buku Antologi Puisi

”DARI SRAGEN MEMANDANG  INDONESIA”
(Sragen dalam Perseptif Kesejarahan, Sosiokultural)
 
1.NAMA KEGIATAN
Penerbitan Buku  Antologi Puisi ” DARI SRAGEN MEMANDANG  INDONESIA”
(Sragen dalam Perseptif Kesejarahan, Sosiokultural)
2. PENYELENGGARA
Komite Sastra, Dewan Kesenian Daerah Sragen
 
3. PENDAHULUAN
Kabupaten Sragen, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya terletak di Sragen, sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Karanganyar di selatan, serta Kabupaten Boyolali di barat.
Kabupaten ini dikenal dengan sebutan ‘Bumi Sukowati’, yang digunakan sejak masa kekuasaan Kasunanan Surakarta. Nama Sragen dipakai karena pusat pemerintahan berada di Sragen..
Hari jadi Kabupaten Sragen sesuai dengan Perda Nomor : 4 Tahun 1987, jatuh pada Selasa Pon, tanggal 27 Mei 1746. Tanggal tersebut adalah hasil penelitian sejarah. Yakni kala Pangeran Mangkubumi (Sri Sultan Hamengku Buwono I) menancapkan tonggak pertama melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan membentuk suatu Pemerintahan lokal di Desa Pandak, Karangnongko (tlatah Sukowati sebelah timur).

Geografi

Berada di lembah daerah aliran Sungai Bengawan Solo yang mengalir ke arah timur. Sebelah utara berupa perbukitan, bagian dariPegunungan Kendeng. Sedangkan di selatan berupa pegunungan, lereng dari Gunung Lawu. Kawasan Sangiran yang merupakan tempat ditemukannya fosil manusia purba dan binatang purba, juga masuk ke dalam wilayah Sragen.

Transportasi

Sragen terletak di jalur utama SoloSurabaya. Kabupaten ini merupakan gerbang utama sebelah timur Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Sragen dilintasi jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa (SurabayaYogyakartaJakarta) dengan stasiun terbesarnya Sragen, serta lintas GundihSolo Balapan dengan stasiun terbesarnya Gemolong.

Pembagian Administratif

Kabupaten Sragen terdiri atas 20 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 208 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Sragen.
 
4. DASAR PEMIKIRAN
Secara politis Sragen memiliki sejarah pertumbuhan kebangsaan yang menarik untuk disimak. Bahkan dapat dipakai untuk meletakkandasar dan nilai dalam wawasan kebangsaan kepada generasi muda, untuk mengenal sejarah kotanya dan sejarah bangsa   pada umumnya.Sragen memiliki sejarah perjuangan yang panjang dalam perlawanan  terhadap VOC dan  Belanda.
Sragen juga dikenal dengan kota budaya yang mempunyai keragaman  jenis kesenian  tradisi. Kekayaan batik sebagai sentra kerajinanrakyat juga mampu memotivasi masyarakat untuk mewarisi budaya  bangsa tersebut.
Secara ekonomis Sragen mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat memacu peningkatan kesejahteraan rakyat. Berbagai usaha kecil dan menengah tumbuh menggerakkan swadaya  rakyat untuk hidup mandiri.
Segala potensi sragen tersebut akan menjadi kekayaan yang tak ternilai jika terdokumentasikan dengan baik. Bahkan lewat  karya puisi yang  dipublikasikan dalam bentuk buku antologi.
5.TUJUAN DAN MANFAAT
a. Media dokumentasi karya dan budaya menyoal aset  luhur budaya bangsa
b. Sarana memperkokoh wawasan nasional bagi kebangkitan bangsa dalam mengisi kemerdekaan.
c. Memberi penguatan generasi muda agar selalu cinta tanah air dan bangsa
d. Memberi bekal wawasan kepemimpinan yang tangguh kepada generasi muda yang   bakal mengambil alih tongkat kepemimpinan.
e. Alternatif sarana promosi kebudayaan yang kreatif.
6. RUANG LINGKUP
a. Terbuka untuk umum, serta tanpa dipungut beaya.
b.Tema “Dari Sragen, Memandang Indonesia”, Sragen dalam Perspektif Kesejarahan dan Sosiokultural.
c. Kurator Sosiawan Leak dan Sus S Hardjono
d. Pengiriman naskah sejak 1 Oktober 2012 sampai dengan 1 Desember 2012
e. Peserta mengirimkan maksimal 5 karya puisi berikut biodata, foto diri, alamat lengkap, email, FB dan nomor HP.
f. Naskah dikirim via email: sosiawan.leak@yahoo.com dan susilaning87@yahoo.com
g. Acara peluncuran 15 Desember  2012, di Pendapa Rumah  Dinas Bupati  Sragen,
7. KEPANITYAAN
Pelindung                    : Bupati Sragen
Penanggung   Jawab   : Ketua Dewan Kesenian  Kabupaten   Sragen
Pelaksana                    : Sumarno, Spd (Komite Sastra DKDS  Sragen)
Sekretaris                    : Sugeng Tile Budihardjo
Kurator 1                     : Sosiawan  Leak
Kerator 2                     : Sus Hardjono
Demikian, proposal kegiatan ini akan terlaksana dengan baik apabila mendapat dukungan    dan partisipasi semua pihak. Untuk itusegala dukungan, baik moril mau pun material sangay kami harapkan. Terima kasih.
Sragen, 30 September 2012
Hormat kami,
 
 
Sumarno, Spd
Ketua Panitia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *