Sastra Interaktif

Perangkat komputer semakin bervariasi sesuai kebutuhan. Handphone sekarang dapat dikatakan juga sebagai komputer mini yang cerdas. Dengan sistem operasi yang tidak jauh berbeda antara PC, laptop, notebook, handphone membuat para komputer tersebut dapat saling terhubung satu sama lain.

Untuk beberapa kebutuhan, banyak orang cukup menggunakan handphone cerdasnya. Facebook dan twitter, serta menjelajah ke berbagai situs di saat senggang banyak dilakukan menggunakan handphone. Artikel ini pun dibuat dengan menggunakan blackberry sebuah handphone cerdas.

Cybersastra memungkinkan sastra semakin interaktif antara penulis dan pembaca. Bahkan jika di saat offline, applikasi pada iphone, ipad, android, windows dapat menyuguhkan konten yang interaktif, misalnya dongeng anak yang touch screen, dengan suara, visual yang dapat dimainkan anak-anak dengan cara menyentuh layar. Mengadptasi dongeng ayah atau ibu menjelang tidur, applikasi ini sangat menarik. Sayangnya, applikasi tersebut sebagian besar (jika tidak dapat dikatakan semuanya) dibuat dalam bahasa Inggris, sedangkan dalam bahasa Indonesia sampai saat ini belum ada yang ditemukan di app market.

Banyak potensi teknologi informasi yang dapat terus dikembangkan untuk memasyarakatkan sastra lebih luas lagi. Siapa yang mau memulai? Ayo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *